Oclock

Kamis, 04 Juni 2015

Menangani Konflik Dalam Bekerja

CARA MENGATASI DAN MENANGANI KONFLIK BERORGANISASI

Mengatasi dan Menangani Konflik

Kemampuan untuk menghadapi dan menangani konflik adalah salah satu kunci sukses manajerial dalam satu organisasi. Konflik, dalam arti sebenarnya adalah suatu perbedaan pendapat yang terjadi dari kemungkinan dua atau arah lebih tujuan dan tindakan yang tidak hanya tidak dapat di hindari tapi juga sebagai suatu hal yang patut di perhitungkan dalam hidup.

Kebanyakan konflik memiliki dua komponen yaitu rasional dan emosional, dan terletak di suatu tempat di sepanjang dua gambaran antara konflik kepentingan di satu sisi dan bentrokan kepribadian di sisi lain.

Agar dapat terjadi solusi negosiasi yang sesuai dan yang di inginkan, maka :
  1. Mendengarkan dan memahami masing-masing pihak 
  2. Cari pertukaran
  3. Fokus pada isu dan kenyataan
Beberapa konflik berakar pada kepribadian para 'kontestan', misalnya seorang introvert (tertutup) mungkin membenci perilaku flamboyan seorang ekstrovert (terbuka).

Konflik bisa berubah menjadi kekuatan yang membahayakan dan merusak ketika "kejayaan" seseorang di pertaruhkan untuk memperoleh hasil.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar